Perbedaan penggunaan kata

 PERBEDAAN PENGGUNAAN ORANG YANG BERBICARA

Oke, sebelumnya saya ingin menjelaskan perbedaan kata pengakuan diri yang menyebutkan kata ganti nama seperti kata ganti saya,aku dan kami dalam bahasa indonesia. Kita sering sekali menemukan kata saya,aku dan kami, terkadang kita masih belum mengetahui dengan jelas apa sih fungsi atau perbedaan kata-kata yang kita baca contoh kecilnya adalah penggunaan makna saya,aku dan kami.

Kata ini termasuk kedalam satuan bahasa, oke disini saya tidak akan menjelaskan satu-satu yang termasuk kedalam satuan bahasa , kata adalah bahasa yang bisa berdiri sendiri. Kata ini sering kita temui di dalam seluruh tulisan-tulisan yang kalian lihat contohnya tulisan yang sedang kalian baca ini semua adalah penggabungan dari huruf-huruf yang terangkai yang berubah menjadi sebuah tulisan-tulisan ini.

Hal yang harus di ingat bahwa cara pengucapan kata meskipun memiliki arti yang sama namun berbeda dalam penyentuhan terhadap jiwa, bahasa itu bersifat bebas dan tidak bisa diatur atau tidak bisa di hitung dan diperkirakan menggunakan logika. Dan biasanya kita sering mendengar atau mengetahui tutur kata untuk lawan bicara kita harus bisa menyesuaikan seperti untuk lawan bicara terhadap orang yang lebih kecil, seangkatan atau orang yang lebih tua dari kita. Karena jika kita menyamakan tutur kata kita terhadap orang lain itu akan membuat diri kita tidak mempunyai tatakrama dan di anggap kurang baik oleh orang lain. Ya saya bicara seperti ini karena kita adalah mahluk sosial dan sesuai dengan bangsa kita yang saling menghormati dan menghargai.

oke sekarang saya akan jelaskan perbedaan kata aku, saya dan kami, kata ini dapat di bedakan melalui tulisan yang sering kita baca, seringkali jika kata saya itu digunakan untuk tulisan yang menceritakan tentang seseorang yang formal atau terkendali. Ya bisa di sebut kalimat yang dibaca sering kali kaku, karena penggunaan kata saya itu selain formal akan terlihat lebih sopan dan dan jauh lebih halus dari kata aku.

Untuk kata aku sebenarnya tidak ada yang salah dengan kata ganti ini, biasanya kata aku di gunakan oleh orang yang sudah akrab atau sering digunakan oleh orang-orang yang lebih fleksibel dan kata ini sering sekali kita temui di dalam sebuah tulisan cerita yang bergentre novel atau cerita-cerita yang menghibur dan jauh dari kata formal. Kata aku ini seringkali membuat lawan bicara seakan jauh lebih rileks dan membuat seperti setara satu sama lain.

Nah sekarang saya akan menjelaskan tentang penggunaan kami, sebelumnya apakah yang sekarang sedang membaca tulisan saya ini tau atau tidak bahwa arti kami ini ada dua yaitu bisa berarti penggantian nama atau bisa di artikan banyak seperti arti kita. Oke biar kita semua gak bingung dan bertanya kenapa saya akan menjelaskannya.

Kata kami ini sering digunakan oleh orang-orang yang sedang membanggakan dirinya, ini mencerminkan bahwa dirinya mempunyai segala hal yang orang lain tidak punya atau bisa disebut orang yang sombong dan angkuh. Kata kami ini dulunya sering dipakai oleh penguasa seperti raja-raja.

Kata kami ini sering kita temui dalam al quran (untuk orang islam), kata ini akan muncul saat allah sedang berfirman karena allah adalah zat yang maha esa tidak ada manusia mana pun yang bisa menandinginya. Oleh sebab itu patut baginya menyombongkan diri dengan menggunakan kata kami.

Nah karena sekarang sudah saya jelaskan tentang arti kata penggantian nama jadi jangan salah lagi dalam mengartikan kata tersebut apalagi jika mendebatkan kata kami, teruntuk orang-orang islam jangan sekali-kali berfikir bahwa allah itu banyak dengan alasan setiap allah berfirman selalu memakai kata kami, allah itu tuhan yang maha esa, allah itu satu dan sangat harus allah menyombongkan dirinya karena allah adalah zat yang mempunyai seluruh yang ada di muka bumi ini yang tidak akan ada yang bisa menandingi kekuasaannya.

Maaf sebelumnya saya membawa tentang agama, tapi ini contoh dari penjelasan yang saya sedang tulis kali ini.

 

Jika yang membaca ini orang sunda saya akan mengibaratkannya seperti kata urang, abdi jeung aing. Bisanya disunda abdi ini untuk rasa penghormatan orang terhadap orang yang menurutnya lebih tua atau untuk sekarang sering dipakai untuk pembicaraan formal, disunda kata abdi ini termasuk kata yang lemes atau dalam bahasa indonesia berarti halus. Jika di ibaratkan kata abdi ini sama dengan kata saya.

Nah kalo semisal kata urang itu biasa di ajukan oleh orang sunda dengan merasa dirinya sepadan dengan orang yang sedang mereka ajak bicara. kata ini juga di jika dalam bahasa indonesia bisa berarti aku.

Sedangkan kata aing itu di sunda adalah bahasa kasar karena kata ini sering di gunakan oleh orang yang merasa lebih dari orang lain. atau kata ini biasa di gunakan oleh orang sunda yang sedang marah. namun kata ini dahulu sering dipakai oleh raja-raja atau orang yang berkuasa.


Semoga bermamfaat, teruslah semangat dan menjadi kebahagian!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Boikot Produk Pro Israel, Mengapa Harus Dilakukan ?